Minggu, 25 Agustus 2013

[ Tugas ] Resume OSKM 24 Agustus 2013 - M Sukma Alam

24 Agustus 2013, tidak terasa sudah hari terakhir OSKM. Sekitar pukul 6.20 kami berkumpul di lapangan sipil sebelum dibagi menurut agama masing-masing. Dalam forum agama kami belajar tentang membuat visi yang harus berlandaskan ketuhanan. Kami juga sharing pengalaman keagamaaan. Serta menambah dan memperdalam lmu agama kami. Setelah itu kamimobilisasi untuk berkumpul bersama taplok kelompok masing masing. Berkumpul bersama taplok.Kami belajar tentang materi kolaborasi, visi kebangsaan, dan urgensi kemahasiswaan.

Setelah itu, kami istirahat,shalat,dan makan. Waktu makan pun selesai kami bersiap untuk observasi maslah yang ada di sekitar. Dan kelompok kami mendapatkan oservasi di daerah Cihampelas. Sampai di tempat tujuan kami diahruskan mencari masalah yang terdapat pada daerah sekitar Cihampelas tersebut. Setelah diselediki kami mendapatkan bahwa masalahnya yaitu pada trotoar, keamanan, dan kenyamanan pejalan kaki. Kami melihat trotoar yang rusak dan belum diperbaiki, motor yang parkir dan melewati trotoar, pedagang, serta sampah yang berserakan. Setelah dibagi kelompok kecil.

Kelompok saya mendapat bagian mewawancara pejalan kaki. Sedangkan kelompok lain pedagang dan tukang parkir. Setelah menerima penolakan dari beberapa pejalan, akhirnya kami mendapat seseorang yang bersedia diwawancara. Ia mengutarakan bahwa dengan adanya pedagang dan motor yang diparkir sembarangan sedikit mengganggu pejalan kaki. Setelah menanyakan tentang kerja dan saran pemerintah tentang trotoar tersebut. Kami mendapat jawaban yang cukup memuaskan. Setelah itu kami kembali ke kampus tercinta. Disana kami mobilisasi untuk menunaikan shalat ashar terlebih dahulu. Setelah itu terdapat evaluasi dari materi-materi yang dilakukan oleh massa kampus. Saya pribadi cukup takjub dengan jawaban dan tanggapan kawan-kawan saya.

Sesi evaluasi pun selesai. Kami menunaikan shalat maghrib sebelum akhirnya dimobilisasi menuju saraga. Disana kami menyaksikan closing OSKM yang begitu megahnya. Tidak ketinggalan sambutan dari ketua cabinet dan rector ITB. Sekitar pukul 09.30, acara OSKM pun selesai. Rasanya cepat sekali OSKM ini, banyak sekali hal yang bias dipetik dari oskm ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar