Jumat, 23 Agustus 2013

[ Tugas ] Resume OSKM 23 Agustus 2013 - Valenikhe Fitri N.


Pada OSKM hari ini, yaitu tanggal 23 Agustus 2013 kami diwajibkan berkumpul di depan perputakaan pusat jam 5.50. Setelah berkumpul akhirnya seluruh mahasiswa baru (maba) dimobilisasi menuju saraga. Di saraga, kami berkumpul berdasarkan kelompok masing-masing. Tanpa diduga-duga, datanglah kakak-kakak yang menceramahi kita meminta pertanggungjawaban kita atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan. Semua maba kaget dan menampakkan wajah gelisah. Setelah cek spek, tanpa kami duga, kakak-kakak yang memasang wajah serius itu pun mulai melontarkan sesuatu yang konyol dan lucu. Dan akhirnya seluruh maba menerima “hukuman” berupa senam pagi. Gerakan senam pagi ini pun tidak biasa dan sangat menghibur. Seluruh maba tertawa dan merasa senang dengan hiburan di pagi hari tersebut.
Selanjutnya, kami semua di mobilisasi menuju Sabuga. Disana kami dikondisikan untuk defile OHU (Open House Unit). Sebelumnya disampakan pula materi mengenai K3L. setelah penyampaian materi selesai, defile OHU dimulai. Dalam acara ini kita semua diberikan informasi singkat mengenai 80 unit yang ada di ITB. Walaupun durasi tiap unit sangat singkat, namun tetap menyenangkan dan mengesankan.
Setelah defile OHU selesai, kita semua di mobilisasi untuk shalat zuhur. Setelah shalat zuhur, acara dilanjutkan. Acara selanjutnya yaitu seminar. Seminar ini juga dipandu oleh Putri Indonesia, Maria Selena. Pertama adalah pidato dari Mentri Perdagangan Indonesia, Pak Gita Wiryawan. Dalam pidatonya, Pak Gita menyampaikan hal hal yang berkaitan tentang perekonomian Indonesia. Dan disebutkan pula 4 hal yang membuat Indonesia makin bersinar, antara lain:
·         Kemajuan teknologi
·         Kesinambungan demokrasi
·         Kebudayaan
·         Kemajuan ekonomi
Selain itu Pak Gita juga menyampaikan bahwa Indonesia sedang di tahap transformasi ekonomi yang saat ini 1 triliun dollar dan 20 tahun mendatang, bila tetap pertumbuhan ekonomi 6% akan menjadi kurang lebih60 triliun dollar. Pak Gita juga berpesan agar kita semua generasi muda menjadi garuda-garuda yang kreatif, terampil, berteknologi, dan mempunyai semangat kebangsaan.
                Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato dari Indra Hidayat dari Wanadri. Dalam pidatonya, disampaikan bahwa kita harus mencintai tanah air. Pidato ini juga dibarengi dengan presentasi yang menunjukkan gambar maupun peta peta wilayah Indonesia.
                Selanjutnya giliran Ibu Tri Mumpuni yang memberikan pidato. Pidato yang disampaikan Ibu Tri menyadarkan kita akan kepemilikan asing di Indonesia dan banyaknya penduduk penduduk yang masih di bawah garis kemiskinan. Ibu Tri juga mengatakan bahwa semakin tinggi tigkat pertumbuhan, maka semakin baik pula ekonomi.
                Setelah pidato dari Ibu Tri selesai, kami di mobilisasi untuk shalat asar. Salat berlangsung tertib dan tidak terlalu mengulur banyak waktu. Selanjutnya, yang terakhir, adalah dari Saska. Kak Saska sendiri merupakan mahasiswa lulusan ITB yang menurut saya cukup sukses dalam meraih apa yang dia inginkan. Dalam pidatonya, Kak Saska menjelaskan tentang riset indie yang merupakan perkumpulan yang diciptakannya. Polaroid dan angkot day merupakan salah satu hal yang dibahas dalam pidato Kak Saska yang menurut saya cukup singkat namun memotivasi ini.
                Sesi selanjutnya adalah sesi Tanya jawab. Setelah sesi Tanya jawab berakhir, kami semua di mobilisasi untuk shalat magrib dan kemudian pulang. Sebelum pulang kami semua berkumpul dengan kelompok dan kakak taplok masing-masing. 

Valenikhe Fitri N.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar