Minggu, 25 Agustus 2013

[ Tugas ] Resume OSKM 24 Agustus 2013 - Jaya Yosnanda

24 Agustus 2013, tepat pukul 6.20 kami angkatan 2013 berkumpul di lapangan sipil institut teknologi Bandung. Kegiatan pertama kami adalah mentoring agama, saat mentoring agama kami mendapat pengetahuan mengenai visi seorang mahasiswa dalam ketuhanan yang maha esa. Disana kami mendapat berbagaia mecam pelajaran, mengenai visi kehidupan mahasiswa, dan lain-lain.

Setelah itu, agenda kami yang selanjutnya adalah pengarahan pengetahuan mengenai arti kolaborasi. Pada kesempatan kali ini kami banyak sekali mendapat pelajaran mengenai falsafah mahasiswa, budaya-budaya kampus, bagaimana mana posisi, potensi dan peran mahasiswa ditengah-tengah masyarakt luas.

Selanjutnya kami segera observasi ke tempat-tempat dimana terdapat permasalahan untuk mempraktikan apa yang telah kami pelajari. Kelompok kami kebagian di daerah cihampelas. Disana kami menemukan bahwa kurangnya kesadaran para pedagang dalam memakai fasilitas infrastruktur yang tidak digunakan sebagaimana mestinya. Disana kami mewawancarai pedagang, pejalan kaki, para tukang ojeg, dan lain-lain. Kesimpulannya adalah bahwa para pedagang kami lima khususnya yang berjualan di trotoar mereka sangat mengganggu pejalan kaki, dimana seharusnya trotoar ialah hak dari pejalan kaki itu sendiri.

Setelah observasi kami kembali ke kampus tercinta kami, disana kami diberi pertanyaan-pertanyaan oleh para masa kampus. Masa kampus itu sendiri terdiri dari beberapa himpunan. Disini kami diberi pelajaran bahwa mahasiswa mempunyai pertanggungjawaban yang sangat berat. Mereka juga mengevaluasi kami mengenai hal apa saja yang telah kami dapat setelah proses OSKM berlangsung. Tiba di akhir acara, penutupan acaranya luar biasa. Dimulai dengan pertunjukan wayang-wayang dan teaterikal mengenai kearifan lokal. Acara berlangsung meriah meskipun kami terasa lelah, tapi kami tetap semangat. Karena kami tahu, panitia sudah menyiapkan suatu hal yang terbaik untuk kami. Menurut saya acara OSKM kali ini sangat berhasil, bisa dilihat dari kinerja para panitia di lapangan mau pada saat acara berlangsung.

Terima kasih panitia OSKM!

#UNTUKINDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar