Senin, 26 Agustus 2013

[ Tugas ] Resume Kegiatan OSKM 24 Agustus 2013 - Kevin Wibowo


Sabtu, 24 Agustus 2013

Hari terakhir pada OSKM 2013 ini saya sambut dengan gembira, saya datang pagi hari dengan semangat pagi langsung menuju lapangan sipil. Disana berjejer kakak-kakak taplok beserta panji-panji mereka yang meriah. Menambah semangat kami semua di pagi ini tentunya. Setelah semua hadir, kami dibagi per agama masing-masing untuk mengikuti materi tentang Visi Berdasarkan Ketuhanan. Saya sendiri mengikuti materi bersama Keluarga Mahasiswa Katolik basis 2 bersama Kak Shieren dan Kak Kristianto. Setelah pembawaan materi, kami membuat visi dan menceritakan visi kami masing-masing.

Lalu kami kembali dimobilisasi ke taman Masjid Salman. Disana kembali kami diberikan materi tentang Urgen Kemahasiswaan dan Falsafah Kemahasiswaan. Saat kami sedang dijelaskan tentang materi tersebut oleh kakak-kakak taplok, datanglah seorang yang memakai jaket almamater. Ternyata dia adalah Kak Krisna, seorang mahasiswa tingkat 4 dari prodi Arsitektur. Dia menjelaskan kembali materi tadi tentang Kemahasiswaan. Dengan berbagai slide show ia mengulang kembali materi tadi.

Materi kami hari ini selesai dan kami ditugasi untuk melakukan observasi tentang berbagai masalah yang terdapat pada lingkungan sekitar kami. Observasi ini berguna untuk mengetahui apakah kami sudah mengerti materi K3 kami dengan baik. Observasi kami lakukan di Jalan Cihampelas. Kami membahas tentang infrastruktur yang terdapat di jalan tersebut dan apa pendapat masyarakat sekitar tentang infrastruktur jalan itu. Narasumber yang kami wawancarai adalah seorang pedagang kaki lima, dua orang pejalan kaki, dan seorang tukang parkir yang bertugas disana.

Setelah tugas observasi ini selesai, kami kembali ke ITB dan langsung kembali ke lapangan SR. Dimana saat saya datang sudah banyak kelompok lain yang berkumpul. Kami kembali dibuat kaget dengan kedatangan massa kampus yang memberikan berbagai pertanyaan tentang materi yang telah kami terima sebelumnya. Sungguh situasi yang menegangkan karena massa kampus meneriaki kami saat kami menjawab ataupun ditanya. Interaksi dengan massa kampus ini dipimpin oleh satu orang moderator.

Selesainya berbagai pertanyaan dari massa kampus, kami dimobilisasi kembali menuju Saraga. Di Saraga inilah closing OSKM diadakan. Dibukanya closing OSKM ini dengan tarian daerah dan cerita yang membuat kami semua tegang tentunya. Setelah tarian dan drama dimainkan, masuklah 3 orang Trihita Karana yang memberikan nasihat pada kami. Dilanjutkan dengan masuknya Presiden KM-ITB  Kak Nyoman Anjani yang memberikan sebuah pidato. Ternyata disana hadir Rektor ITB yaitu Prof. Akhmaloka dan kembali ia memberikan pidatonya yang memotivasi kami.


Acara OSKM ini lalu ditutup dengan diterbangkannya balon-balon dengan berbagai warna dan lampu yang dipasang di setiap balon tersebut ke langit. Di kejauhan balon-balon itu tampak seperti bintang warna warni. Malam itu sungguh indah dan merupakan sebuah pengalaman berharga buat hidup saya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar