Jumat, 23 Agustus 2013

[ Tugas ] Resume OSKM 23 Agustus 2013 - Yulizarizki Rasyidawathi


Yulizarizki rasyidawathi

16613076

Bandung, 23 agustus 2013

23 agustus 2013 adalah hari dimana maba 2013 itb dikerjai habis habisan. Di awali dengan pemeriksaan spek dari setiap maba yang ternyata ada spek tambahan yang tidak diketahui hampir seluruh maba. Akhirnya maba 2013 pun menerima resiko kesalahan mereka dengan berbagai nasehat dari panitia OSKM. Kita pun paramaba menerima ceramah gratis di pagi itu walau sebenarnya memang ada kesalahan dari maba yang terlihat sedikit menganggap enteng kegiatan OSKM ini -..-‘’. Namun ternyata itu semua hanya akting >,< malah para maba di ajak senam dan bikin maba jadi ketawa ketiwi liat aksi panitia OSKM dengan segala kekocakan mereka,dan sebenernya mereka adalah anggota dari unit sunda .
Selanjutnya kita bikin hashtag bareng yang tulisannya untuk indonesia terus di poto daah,
Oia, sebelumnya taplok (tata tertib kelompok) kita pada ngasi semangat yel yel gituu.. gerakannya kece lagii. Next, kita para maba pun di giring ke sabuga buat denger materi disana.. dan berikut ulasan materinya: 

Seminar oskm 2013

        I.            Menteri Perdagangan Indonesia

Gita Wirjawan merupakan menteri perdagangan Indonesia yang juga menjabat sebagai ketua PBSI periode 2012-2016. Dalam seminar kali ini, beliau membahas tentang pemimpin Indonesia dan perekonomiannya.
Perekonomian Indonesia memerlukan pemimpin yang dekat dengan rakyat. Sekarang, perekonomian Indonesia peringkat 15 di dunia. Untuk meningkatkan perekonomian itu, Indonesia harus memiliki pemimpin  yang arif dan bijaksana. Untuk menjadi seorang pemimpin seperti itu tidak mudah, banyak rintangan yang harus dilalui, tetapi jika kita bias berusaha dan dengan niat yang sesungguh-sungguhnya itu pasti akan terwujud. Sebuah motto “if you want it, you will get it”.
Karakter pemimpin yang seperti itu adalah pemuda praktis dan dapat mengganam diri sendiri. Gangnam yaitu kemahiran demokrasi, kesenambungan ekonomi dan kekayaan budaya. Jika kita ingin Indonesia maju, kita harus memproduksi produk lokal. Dengan meningkatkan 60 % ekonomi dalam segi produk lokal. Sekarang, PDB Indonesia berada dikisaran 5.000 $ - 7.000 $ di dunia. Untuk keluar dari masalah itu, kita harus bias berteknologi, berdemokrasi dan berbudaya. Seperti melakukan penanaman saham di luar Jawa agar Indonesia semakin jaya dan sejahtera. Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata, tidak hanya terjadi di Jakarta tetapi dibeberapa kota di Indonesia.
            Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda harus bias membuat Indonesia menjadi maju baik dalam bidang ekonomi maupun bidang lainnya. Jadilah, garuda-garuda kreatif, berteknologi, terampil dan berbangga bangsa serta menjunjung kearifan lokal.

      II.            Wanadri

Pemateri yang kedua adalah dari WANADRI, yaitu sebuah organisasi pecinta alam di Indonesia. Pembicaranya adalah ketua umum WANADRI, Ilham Fauzi. Ia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang luas dan kaya akan Sumber Daya Alam. Luas wilayah Indonesia dari sejak proklamasi sampai sekarang sudah bertambah luas sebanyak 3 kali lipat, dan itu berkat Deklarasi Djuanda, yang menyatakan batas negara Indonesia diukur dari pulau yang terluar. Dan negara Indonesia yang amat kaya dan unik itu sudah seharusnya kita cintai dan kita jaga.

    III.            Ibu Tri Mumpuni

Kali ini materi yang disampaikan oleh Ibu Tri Mumpuni berjudul Integritas dan Kompetensi pemuda/alumni ITB untuk kemandirian dan kesejahteraan Bangsa
1.      Integritas
-          Pengetahuan (logika)
-          Perasaan      (hati)
Orang yang memiliki Integritas tinggi tidak hanya menggunakan logika, namun juga menggunakan hati/perasaan. Keduanya harus berkomunikasi agar ide-ide yang tercipta benar benar bermanfaat bagi semua pihak dan tidak ada yang dirugikan.

Contoh dari akibat tidak berkoordinasinya logika dan perasaan salah satunya tentang gas metana dan migas yang sangat melimpah di Indonesia, tetapi sebagian besar bukan milik kita namun milik Asing, justru orang-orang Indonesia hanya bekerja sebagai kulinya, dan tidak dapat menikmati hasilnya. Selain sumber daya alam, dibidang pendidikan pun terjadi hal yang sama, banyak orang yang berpendidikan tinggi dan dapat bersekolah keluar negeri padahal lebih dari 60 juta anak Indonesia tidak bersekolah dan sebagian dari mereka tak ada listrik dimalam hari.
2.      Ekonomi
Ekonomi adalah keadaan setimbang dinamis antara investasi dan konsumsi untuk mencapai pertumbuhan yang merata. Ekonomi sendiri dikatakan sukses berjalan apabila kesejahteraan masyarakat local dan daya dukung lingkungan setempat ada. Namun pada kenyataanya hal itu tidak terjadi, mereka hanya mengambil produk yangada disuatu wilayah tanpa mempekerjakan masyarakatnya, sehingga ekonomi yang demikian dianggap merugikan beberapa pihak. Maka muncullah alternative dari perekonomian yang demikian yaitu kewirausahaan social. Seorang wirausaha mencoba membuat alternatif dalam social ekonomi dengan beberapa cara yang harus diterapkan dan dipahami yaitu pelurusan visi pembangunan, perubahan paradigma investasi dan pembatasan pertumbuhan usaha. Paradigm Investasi terdiri atas beberapa aspek yaitu teknologi, keuangan, dan manajemen. Pelaksanana sistem ini harus berlangsung sesuai pasal 33 UUD ’45.

   IV.            Riset Indie (Saska)

Riset Indie dibentuk oleh Saska bersama istrinya. Riset indie ialah kolektif penelitian dimana melalukan penelitian dalam bidang tegnologi, sosial,media dan ekonomi.
Kegiatan yang dilakukan oleh risetb indie :
1.      Project polaroid
Yaitu sebuah project dimana anggota dari riset indie melakukan kegiatan berupa pembuatan film analog instan.
2.      Project alinea (Animatronic)
Dimana anggota dari riset indie menciptakan sebuah robot yang dicover dengan topeng atau make up sehingga menyerupai alien. Dan robot ini telah di publikasikan melewati salah satu konser.
3.      Angkot Day
Yaitu dimana para anggota riset indie akan mengatur agar angkot dapat berjalan dengan nyaman, tertib, tanpa macet dan tentunya tanpa biaya alias gratisss..


Nahh begitulah gambaran materi yang kita dapetin selama di dalam sabuga. Lanjut, kita pun dimobilisasi ke wilayah kampus itb buat sharing dan becanda dengan para taplok tercinta terus kita bubar dan pulang deh hihi.. sekian yaaak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar